Tanda-tanda Produk Skincare Tidak Cocok Di Kulit Kamu, Segera Hentikan Pemakaiannya Dear, Sebelum Terlambat

Selain untuk merawat kesehatan kulit, penggunaan skincare juga bertujuan untuk memperbaiki kondisi kulit, sehingga wajah terlihat lebih bersih dan awet muda. Tapi menemukan produk perawatan yang tepat memang susah, juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karena kondisi kulit setiap orang berbeda, maka reaksi yang dihasilkan kulit terhadap suatu produk juga enggak sama. Belum tentu produk yang lagi nge-hype dan cocok dipakai jutaan wanita juga cocok di kulit kamu.

Kadang kita merasa penasaran apakah produk ini cocok di kulit atau enggak. Apalagi jika produk tersebut menyebabkan jerawat, itu pertanda purging atau breakout? Atau mungkin produk tersebut tidak memberikan hasil yang memuaskan setelah pemakaian rutin. Yuk disimak tanda-tanda produk skincare yang kamu pakai tidak cocok di kulit kamu. Biar wajah enggak bertambah parah karena memakai produk yang salah.

Wajah terasa panas dan terbakar

Saat kamu memasukkan produk skincare baru ke dalam rangkaian perawatan kulit kamu, kemudian kulit terasa panas dan perih seperti terbakar, bukan berarti kamu enggak cocok dengan produk tersebut. Coba lanjutkan pemakaian selama beberapa hari (satu minggu) untuk melihat apakah produk itu memang tidak cocok buat kamu. Produk yang mengandung kadar asam/acid biasanya memang memberi sensasi cekit-cekit dan akan berkurang setelah beberapa waktu.

Jika setelah beberapa hari penggunaan wajah masih terasa panas atau bertambah parah, segera hentikan pemakaian. Bisa jadi kamu memang alergi terhadap beberapa bahan yang terkandung dalam produk tersebut.

Wajah kemerahan

Wajah kemerahan bisa jadi karena produk yang kamu pakai itu mengandung exfoliant yang cukup tinggi, misalnya retinol, AHA (glycolic acid, lactic acid), BHA (salicylic acid), tretinoin, dan retinoid acid. Jika kulit kamu sensitif, sebaiknya hindari produk yang mengandung bahan aktif dengan konsentrat tinggi. Pilih produk yang lembut di kulit dan memang khusus untuk kulit sensitif.

Kulit terasa kering seperti tertarik

Pernahkah kamu merasakan sensasi wajah seperti kering tertarik dan perih setelah mencuci muka dengan sabun? Biasanya terjadi saat kamu memakai sabun yang mengandung deterjen atau surfaktan (bahan pembuat busa). Pada kenyataannya, bahan-bahan ini penggunaannya sangat dibatasi karena bisa menyebabkan iritasi saat terkena kulit. Untuk mengatasinya, ganti sabun cuci muka kamu dengan sabun yang memiliki pH seimbang (di kisaran pH 4,5 – pH 5,5) dan yang bebas surfaktan seperti sodium laureth sulphate (SLS) dan sodium lauryl ether sulfate (SLES) yang membuat wajahmu semakin kering.

Muncul jerawat dan bruntusan

Jerawat dan bruntusan ini biasa terjadi saat kamu menggunakan produk skincare baru. Jngan langsung menarik kesimpulan jika produk itu tidak cocok di kamu. Bisa jadi, kamu hanya mengalami purging, girls.

Purging adalah proses pembersihan kulit dan menandakan kulit kamu sedang beregenerasi. Biasanya, jerawat tumbuh di bagian kulit yang memang sering berjerawat. Sama seperti sensasi cekit-cekit di kulit, purging bisa terjadi saat kamu memakai produk yang mengandung bahan aktif yang dapat mempercepat regenerasi kulit. Yang harus diperhatikan, tanda purging umumnya hanya berlangsung sementara, sekitar 2-3 minggu. Setelahnya, kulit wajah akan menjadi lebih bersih dan juga sehat tentunya.

Tapi, jika jerawat atau komedo muncul dengan jumlah banyak dan enggak hilang atau bahkan bertambah parah dalam kurun waktu maksimal 8 minggu, artinya kamu tidak cocok (breakout) menggunakan produk tersebut. Kulit kamu mengalami reaksi penolakan terhadap kandungan dalam produk. Atau mungkin saja kamu mengalami over eksfoliasi atau proses eksfoliasi yang berlebihan.

Jika kamu mengalami hal ini, segera hentikan pemakaian skincare kamu. Batasi penggunaan produk eksfoliasi maksimal cuman dua kali dalam satu minggu. Jangan lupa gunakan hydrating toner dan sunscreen setelah eksfoliasi.

Kulit terasa kering dan gatal

Kandungan parfum atau fragrance dalam produk skincare yang kamu pakai bisa banget menjadi pneyebab kulit terasa gatal. Selain fragrance, alkohol juga bisa membuat kulit mejadi kering. Pilih produk yang bebas pewangi dan alkohol, terlebih lagi jika kamu bertipe kulit kering dan sensitif. Biar kulit enggak bertambah kering.

Wajah jadi berminyak dan kusam

Wajah menjadi berminyak dan kusam juga merupakan salah satu pertanda bahwa produk skincare yang tidak cocok di kulit kamu. Bisa jadi produk yang kamu pakai mengandung minyak mineral, alkohol, paraben, silikon atau minyak kelapa. Segera hentikan pemakaian produk yang kamu pakai biar enggak ada masalah lebih lanjut.

(Visited 19 times, 1 visits today)
Please follow and like us:
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.