Tips Memilih Klinik Kecantikan Yang Bagus dan Cocok Buat Kamu

Pasti setiap wanita ingin terlihat cantik dan menarik. Dan tentunya wajah tidak luput dari perawatan sehari-hari. Demi mendapatkan wajah yang cantik dan terawat, banyak wanita yang rela mengeluarkan uang untuk menangani masalah kulit di klinik kecantikan. Tapi nyesek juga kan, kalau kita sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, malah ternyata hasilnya tidak memuaskan atau bahkan berujung gagal?

Tentunya, banyak faktor yang menyebabkan perawatan kulit di klinik kecantikan bisa gagal. Mungkin karena tenaga medis yang kurang ahli dalam menangani masalah kulit, peralatan yang kurang steril, kulit kamu yang terlalu senitif sehingga memicu alergi terhadap obat-obatan yang ditawakan, dan banyak hal lagi. Jadi, jika kamu memang memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya jangan melakukan perawatan di klinik, karena bisa memicu efek samping yang cukup serius.

Tapi kalau kamu memang ingin melakukan perawatan di klinik kecantikan, pastikan kamu memilih klinik dan tenaga medis yang baik dan pastinya cocok di kulit, ya. Meskipun dokter dan klinik telah mempunyai sertifikasi, tapi belum tentu memberikan hasil yang sama dengan orang lain. Karena reaksi kulit setiap orang saat menerima perawatan akan berbeda-beda. Jadi, lebih baik teliti dahulu beberapa klinik, jangan sampai kamu menyesal.

Berikut ini ada beberapa tips memilih klinik kecantikan terbaik untuk perawatan kulit kamu.

1. Banyak mencari tahu tentang kualitas klinik kecantikan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan riset dan jangan terburu-buru memilih tempat perawatan kecantikan.  Jangan asal tergiur dengan harga yang murah, tapi produk, tenaga medis maupun beautician-nya kurang profesional. Kecantikan wajah dan kulitmu bisa jadi taruhannya, lho!

Saat memilih klinik kecantikan, tentunya kamu harus mencari tahu kredibilitas klinik tersebut dari rekomendasi dan pengalaman teman-teman atau pasien lain, atau bahkan mencari review di internet. Semakin banyak pengalaman yang mengatakan bahwa klinik kecantikan tersebut memberikan hasil yang memuaskan, semakin kamu merasa yakin bahwa klinik tersebut adalah tempat yang tepat.

Selain memilih kliniknya, kamu juga harus memastikan bahwa dokter di klinik kecantikan tersebut sudah tersertifikasi dan berpengalaman menangani banyak pasien dan hasilnya memuaskan. Tidak semua orang yang bekerja di klinik kecantikan adalah seorang dokter, melainkan hanya terapis saja yang kurang memahami masalah kecantikan kulit. Jadi kamu juga harus memastikan bahwa dokter dan ahli kecantikan yang bersertifikasi yang mengatasi perawatan kulit kamu dari awal sampai akhir, bukan hanya perawat dan asistennya saja.

2. Periksa kondisi klinik

Sebelum memilih klinik kecantikan langganan, periksa dulu kondisi kliniknya secara detail. Klinik yang bagus pastinya memiliki standar pelayanan yang baik juga. Kamu bisa mengetahuinya dari cara resepsionis melayani dan menjawab dengan baik semua pertanyaan kamu. Utamakanlah klinik yang bersih, nyaman, higienis, bebas debu dan memiliki pelayanan ramah.

Selanjutnya, kamu bisa mencoba berkonsultasi dengan dokter kecantikan sekali dan jangan lupa perhatikan ruangan periksanya. Klinik yang baik pasti memiliki ruangan yang bersih, penerangan yang bagus dan peralatan kecantikan yang lengkap. Lalu coba dulu melakukan perawatan ringan seperti facial dan masker dan perhatikan apakah alatnya lengkap dan steril atau enggak. kamu juga bisa melihat cara dokter menangani perawatan kulit, jika dokter tersebut menggunakan sarung tangan, berarti penanganan perawatan kulit lebih steril, bersih dan kecil kemungkinan terjadi infeksi. Dari situ, kamu bisa memutuskan apakah klinik tersebut recommended atau tidak.

4. Cari tahu perawatan yang ingin kamu lakukan

Setiap orang memiliki masalah dan kebutuhan kulit yang berbeda. Pastikan kamu mengetahui masalah kulit kamu dan mengonsultasikannya kepada dokter yang terpercaya. Dokter spesialis kulit atau ahli dermatologi yang berpengalaman pasti mengetahui masalah kulit yang sedang kamu hadapi dan segera menentukan metode perawatan yang tepat dan aman. Walaupun begitu, jangan lupa, tanyakan apakah ada efek samping yang ditimbulkan dari perawatan tersebut agar kamu bisa melakukan antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

Selain itu, tidak semua klinik kecantikan memiliki prosedur perawatan yang lengkap. Sebagian besar klinik kecantikan hanya punya perawatan untuk facial, mikrodermabrasi, chemical peeling, dan botoks. Sedangkan jika kamu ingin melakukan perawatan menghilangkan bekas jerawat kamu butuh prosedur laser. Apabila kamu ingin membentuk rahang atau bahkan mengubah bentuk wajah, pilih klinik kecantikan yang menang menyediakan jasa operasi plastik atau sekalian saja memilih perawatan di rumah sakit dengan peralatan yang memadai.

5. Jangan tergiur dengan harga yang murah

Jika kamu sudah yakin, kamu bisa mulai membandingkan harga. Coba perhatikan harga dan jenis perawatan yang ditawarkan juga keuntungan yang dijanjikan oleh penyedia jasa tersebut. Zaman sekarang, ketika perawatan kecantikan sudah menjadi kebutuhan hampir semua wanita, tidak banyak oknum yang memanfaatkan keadaan ini demi meraih keuntungan yang besar. Lebih baik cari tahu dulu harga standar perawatan kecantikan yang kamu butuhkan.

Meskipun banyak klinik kecantikan yang memasang tarif murah dan di bawah standar, jangan tergiur karenanya. Bisa saja peralatan medisnya tidak berkualitas, produk kecantikannya tidak bersertifikat BPOM, atau dokternya abal-abal.  Pilih saja klinik yang harganya sedikit lebih mahal tapi memberikan perawatan yang lebih sesuai.

6. Jangan tergiur dengan hasil yang instan

Banyak orang yang masih mengira bahwa perawatan di klinik kecantikan adalah cara instan untuk mendapat kulit wajah berseri mempesona. Tentu saja anggapan ini salah. Kamu tetap harus menunggu beberapa waktu untuk melihat hasilnya. Misalnya saja, satu perawatan bisa membutuhkan 6 kali kunjungan rutin untuk kontrol. Nah, jika ada klinik yang memberikan iming-iming hasil yang instan dalam satu perawatan, hal ini harus dipertanyakan. Tidak semua yang instan itu baik untuk kesehatan, mungkin saja ada efek samping penggunaannya di kemudian hari.

6. Produk kecantikan yang aman di kulit

 

Pastikan produk kecantikan yang dipakai memiliki izin edar dari Departemen Kesehatan. Perlu diingat, semua produk kecantikan dari klinik pasti mengandung zat kimia, jadi asalkan dosisnya tidak terlalu tinggi dan aman buat kulit ya enggak masalah. Biasanya, kamu akan diberi paket skincare yang harus dipakai secara rutin. Sebelum dipakai, teliti dulu produknya, apakah ada komposisi yang membuat kulit alergi atau tidak. Pastikan juga produk tersebut belum kadaluarsa dan masih tersegel.

7. Pastikan produk kecantikan yang ditawarkan cocok untuk kulit kamu

Cocok tidaknya kulit dengan produk dari klinik kecantikan juga penting untuk diperhatikan. Jangan sampai salah memilih produk hanya karena ikut-ikutan dengan teman. Setiap manusia memiliki karakteristik kulit yang berbeda, bahkan jika teman kamu memiliki jenis kulit yang sama dengan kulitmu. Bisa saja kamu tidak cocok memakai produk yang bagus di kulit teman kamu itu. Karena itulah, konsultasikan kecocokan kulitmu dengan dokter.

Itulah beberapa tips memilih klinik kecantikan yang terpercaya dan bagus untuk kulit kamu. Jangan sampai kamu salah memilih klinik kecantikan yang nantinya malah memberikan hasil yang mengecewakan ya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.