Tips Mudah Untuk Membersihkan Pori-Pori Dari Komedo

Cantik Sehat Kita. Pastinya dong, sebagian besar wanita sangat memperhatikan penampilan, khususnya wajah. Mempunyai wajah yang halus, lembut, kenyal, bersih, awet muda dan sehat adalah tujuan dari perawatan wajah yang rutin dilakukan setiap harinya. Tidak sedikit pula mereka yang rela merogoh kantong cukup dalam untuk mendapatkan facial treatment khusus di klinik-klinik kecantikan.

Nah, topik kali ini kita akan membahas tentang masalah pori-pori yang sering dihadapi semua orang. Masalah tentang pori-pori yang terlihat jelas, komedo, atau penyumbatan pada pori-pori yang bisa menyebabkan munculnya jerawat atau bruntusan. NOOOOOOOO!!!!!!

Salah satu penyebab pori-pori terlihat besar adalah kulit kemampuan kulit memproduksi kolagen berkurang, sehingga membuat kulit kehilangan elastisitasnya yang berfungsi untuk menutupi pori-pori. Sehingga sangat disarankan untuk para wanita yang telah berusia 30 tahun ke atas untuk memakai produk perawatan wajah yang mengandung vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C.

Vitamin A atau retinol, retinoid acid, vitamin B3 atau niasinamida, vitamin C atau asam askorbat merupakan bahan aktif yang sangat bagus untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Tapi, jika kamu masih berusia 20 tahunan atau bahkan remaja, maka, kamu tidak perlu menambahkan bahan-bahan aktif tersebut dalam rutinitas perawatanmu. Cukup dengan memakai produk-produk yang mampu menghidrasi dan melembabkan kulit kamu, apapun jenis kulit kamu.

Meskipun jenis kulit kamu berminyak, tapi tetap saja kamu butuh pelembab agar kulit terhindar dari dehidrasi yang bisa membuat kulit semakin berminyak dan kusam. Apalagi jika kamu memiliki jenis kulit yang kering. Hidrasi dan menjaga kelembaban kulit itu sangat penting agar kulit tidak semakin kering kerontang.

Selain masalah penuaan, ukuran pori-pori kulit juga tergantung pada susunan genetik dan juga jenis kulit kamu. Menurut Debra Jaliman, ahli kulit di New York City, pada umumnya orang yang berkulit putih cenderung memiliki pori-pori yang lebih kecil dari pada mereka yang berkulit sawo matang atau berkulit gelap. Juga pada dasarnya pori-pori pada kulit yang kering cenderung tidak tampak, sedangkan pada kulit berminyak lebih terlihat jelas. Tapi tidak semua orang yang memiliki masalah kulit kering itu poreless ya.

Selain itu, sel kulit mati dan sebum yang terperangkap di dalam pori-pori juga menjadi penyebab pori-pori terlihat besar. Memencet jerawat dan komedo juga bisa menyebabkan luka atau iritasi pada permukaan kulit, yang mungkin bisa memperbesar pori-pori kulit kamu.

Lalu, harus bagaimana biar pori-pori tersamarkan?

  1. Kunci agar pori-pori terlihat lebih kecil adalah dengan menjaga kebersihan kulit. Selalu lakukan double cleansing di malam hari untuk membersihkan sisa-sisa makeup dan kotoran dari kulit. Juga bersihkan wajah sebelum dan setelah berolahraga karena keringat mampu menahan kosmetik dan debu dan menyumbat pori-pori.
    tips membersihkan pori-pori
    rajin membersihkan wajah 

     

  2. Eksfoliasi juga penting lho, karena eksfoliasi mampu mengangkat kotoran dan sel kulit mati dari permukaan kulit, sehingga mempercepat proses regenerasi kulit. Cukup satu sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan kulit yang bersih dan sehat. Kamu bisa menggunakan scrub atau yang juga disebut physical exfoliator, atau chemical exfoliator, toner yang mengandung AHA untuk kulit cenderung kering atau BHA untuk kulit cenderung berminyak. Ingat, setelah eksfoliasi, kulit akan menjadi sedikit sensitif, jadi gunakan SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV, Atau kamu bisa mengeksfoliasi di malam hari.
    tips membersihkan pori-pori
    lakukan eksfoliasi 1-3x seminggu

     

  3. Memakai clay mask atau charcoal mask juga bisa membersihkan pori-pori dari komedo karena sifatnya yang menyerap minyak. Tapi penggunaan setiap hari tidak disarankan karena bisa membuat kulit kamu menjadi kering. Pemakaian AHA/BHA + clay mask secara rutin 1-2x seminggu akan sangat membantu membersihkan dan juga mencegah munculnya komedo, lho.
    tips membersihkan pori-pori
    gunakan clay mask

     

  4. Pada siang hari, gunakan pelembab dan makeup yang sifatnya ringan dan non-comedogenic atau yang tidak menyumbat pori-pori. Hindari produk-produk yang berat dan susah untuk meresap seperti pertolatum atau mineral oil yang bisa menyumbat pori dan membuat pori-pori semakin terlihat.
    tips membersihkan pori-pori
    lembabkan wajahmu dengan moisturizer setiap hari

     

  5. Gunakan sunscreen setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang bisa menyebabkan penuaan dini, sunburn, kulit kusam, dan sebagainya.

    tips membersihkan pori-pori
    jangan lupa memakai spf di siang hari

Itu lah beberapa tips untuk mengecilkan pori-pori di kulit wajah. Memang, hasilnya tidak bisa instant. Perlu kesabaran dan ketelatenan dalam perawatan kulit, sehingga kulit tetap sehat, berseri, kenyal, dan awet muda.

1 Trackback / Pingback

  1. Eksfoliasi Pada Wajah Itu Perlu Atau Enggak Sih? Yuk, Disimak Pembahasannya - Cantik Sehat Kita

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.