Beberapa Hal Ini Yang Paling Sering Ditanyakan Tentang Perawatan Kulit, Lho

Menentukan rangkaian perawatan yang tepat bukan hanya dengan memperhatikan kondisi kulit kamu saja, tetapi jenis kulit yang kamu miliki juga harus kamu perhatikan. Tapapi apa kamu sudah benar-benar yakin dengan jenis kulit kamu sendiri? Nah, Berikut ini beberapa hal yang paling sering ditanyaakan tentang jenis kulit dan perawatannya.

Mengapa memilih produk perawatan kulit berdasarkan jenis kulit itu sangat penting?

Sebenarnya, memilih produk perawatan kulit itu tidak berdasarkan usia, jenis kelamin, warna kulit, atau ras kamu. Produk perawatan kulit yang tepat harus sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu. Misalnya saja, kamu memiliki kulit yang cenderung kering, maka kamu butuh produk yang formulanya lebih kaya untuk menjaga lapisan kulit agar tidak mudah kering. Atau jika kamu memiliki kulit yang berminyak, pilih produk yang bertekstur ringan dan mengandung bahan yang bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah. Hal ini diperlukan untuk menghndari kilap dan penyumbatan pori-pori yang bisa menyebabkan jerawat. Kalau masalah penuaan sih, setiap orang pasti menua ya, hanya saja mereka yang rajin merawat kulit dengan benar pasti akan terlihat lebih muda dari pada usia sebenarnya.

Apa saja jenis kulit?

Pertanyaan selanjutnya yang paling sering didengar adalah apa saja jenis kulit. Jenis-jenis kulit yang biasanya dibahas adalah tentang kulit kering, kulit sensitif, kulit normal dan kulit berminyak. Ada juga jenis kulit kombinasi yang hanya berminyak di daerah T dan area ajah yang lain normal atau malah kering. Bahkan terkadang kulit juga mengalami perubahan, lho. Di musim tertentu (cenderung dingin) kita bisa mengalami kulit kering dan dehidrasi, tetapi di musim berikutnya bisa saja kulit menjadi lengket dan berminyak. Itulah mengapa, setiap kulit wajah manusia itu unik.

Apakah kulit bisa berubah seiring berjalannya waktu?

Seperti yang dijelaskan di atas, jenis dan kondisi kulit dapat berubah seiring waktu dan musim. Hal ini bisa disebabkan karena perubahan hormonal dan faktor lingkungan seperti polusi dan gaya hidup diet, stres, juga perubahan iklim. Itulah sebabnya, kita perlu menyesuaikan produk perawatan kulit dari waktu ke waktu untuk memenuhi kebutuhan kulit yang berubah ini. Misalnya, untuk memilih krim pelembab ketika udara keirng, atau menambahkan perlindungan UV ekstra saat cuaca terik.

Apakah ada langkah tertentu dalam rutinitas perawatan kulit untuk jenis kulit tertentu?

Rutinitas perawatan kulit yang baik dan tepat penting untuk semua jenis kulit. Pembersih, rehidrasi, perlindungan harian, bersama dengan peremajaan kulit dan perawatan malam adalah langkah-langkah dasar perawatan kulit yang kita butuhkan. Tapi ada juga kulit yang membutuhkan perawatan ekstra seperti kulit yang berjerawat parah, bintik-bintik hitam di kulit, kulit kendur dan sebagainya.Untuk ini, pilih produk dengan formula yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis kulit kamu itu.

Bisakah menggabungkan produk perawatan kulit yang berbeda?

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, kamu bisa menggabungkan produk yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan kulit kamu. Tapi ada beberapa bahan aktif yang tidak boleh kamu gabungkan pemakaiannya. Jika kamu menggabungkan produk yang memiliki bahan aktif yang fungsinya bertentangan, bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan . Misalnya saja menggabungkan produk dengan kandungan retinol dan salicylic acid bisa membuat kulit kamu over eksfoliasi sehingga menyebabkan peradangan kulit dan iritasi lho. Jadi sebelum menggabungkan beberapa produk skincare, sebaiknya baca dulu kandungan bahan aktif di dalamnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.