Kenali Tanda Awal Penuaan dan Cara Mengatasinya

Kenali Tanda Awal Penuaan dan Cara Mengatasinya.  Proses penuaan adalah hal yang pasti terjadi, tak terkecuali kulit kita. Umumnya, tanda awal penuaan muncul pada akhir usia 30 tahun, atau awal usia 40 tahun. Namun beberapa faktor eksternal seperti begadang hingga larut malam, konsumsi kafein berlebih, paparan sinar matahari, kurang tidur, merokok, diet tidak sehat, radikal bebas, stress, maupun faktor internal seperti genetik dapat membawa bencana bagi kulit Anda.

Setelah jerawat masa remaja, baca juga faktor penyebab jerawat di sini, kondisi kulit usia pasca remaja juga rentan terhadap masalah baru, yaitu garis ekspresi, kusam dan pori-pori membesar yang juga disebut sebagai tanda-tanda awal dari penuaan. Dan tentunya tua sebelum waktunya dapat mempengaruhi kepercayaan diri seorang wanita. Yuk, kenali tanda awal penuaan dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

DEHIDRASI

tanda awal penuaan
Kulit dehidrasi

Wanita yang berusia 20 tahun ke atas cenderung mengalami peningkatan hormon progesteron, yang dapat menyebabkan kulit kering. Jadi, pada seseorang yang mempunyai kulit kering, tanda-tanda awal penuaan cenderung lebih cepat terlihat. Meskipun demikian, bukan berarti Anda yang memiliki jenis kulit berminyak juga tidak terhindar dari dehidrasi, lho. Bisa saja kulit berminyak kekurangan air.

Inilah sebabnya mengapa hidrasi yang tepat sejak usia dini sangat penting – karena dapat memperlambat tanda-tanda awal penuaan! Jadi, jangan lupa selalu gunakan pelembab yang sesuai dengan kebutuhan kulit, ya agar kulit terhidrasi dan wajah tampak segar bercahaya.

LINGKAR GELAP DAN KANTUNG BAWAH MATA

tanda awal penuaan
lingkaran-hitam-di-mata

Perubahan pigmen di sekitar daerah mata Anda dapat terjadi ketika melanin terlalu banyak diproduksi. Lingkar gelap dan kantung bawah mata ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, terlalu sering begadang, stess, banyak mengkonsumsi makanan asin, kurang minum air putih. Namun, faktor genetik atau keturunan, trauma wajah, infeksi, dehidrasi kronis atau anemia juga dapat menyebabkan lingkaran hitam.

Tapi, jangan khawatir, dengan cukup istirahat dan pola hidup sehat, lingkaran hitam dan kantung bawah mata bisa hilang dengan sendirinya, kecuali jika sudah turun-temurun dari keluarganya. Mengatasinya cukup mudah kok, bisa dengan cara alami, yaitu dengan mengompres mata atau menggunakan krim mata.

Jika lebih suka menggunakan krim mata, pilih yang mengandung kafein untuk menjaga kekencangan daerah sekitar mata. Krim mata akan melindungi kulit dari kerusakan dan menjaganya dari tanda awal penuaan – catatan kecil: simpan dalam lemari es untuk sensasi pijatan sejuk saat diaplikasikan.

WARNA KULIT TIDAK MERATA

tanda awal penuaan
warna kulit tidak merata

Anda mungkin mempunyai masalah dengan noda hitam, pori-pori membesar dan kulit kusam yang tiba-tiba muncul. Stres dan kurang tidur dapat menyebabkan tubuh memproduksi kortisol berlebih yang dapat memperburuk kondisi peradangan pada kulit dan jerawat. Hal ini juga mengganggu proses perbaikan alami tubuh, sehingga memunculkan kesan “tua” jika  tidak cukup tidur. Jadi, pastikan tidur setidaknya 7 jam sehari.

Namun jika Anda mengalami hiperpigmentasi yang disebabkan oleh perubahan hormon atau efek buruk sinar matahari, cari produk perawatan kulit yang mengandung  Vitamin C atau Multi Brightening Technology, antioksidan dan tentunya SPF.

Menjaga kulit dari paparan sinar matahari dan memakai tabir surya sangat penting untuk mencegah kerusakan kulit lebih lanjut dan meminimalkan dampak pancaran sinar matahari tersebut. Selain itu, eksfoliasi atau pengelupasan 1-2 kali seminggu juga bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran dan minyak yang menumpuk. Cari produk yang dapat membantu memaksimalkan pergantian sel alami yang sesuai dengan kebutuhan kulit dan usia Anda ya.

GARIS HALUS/GARIS EKSPRESI

tanda awal penuaan
Garis halus

Jika kamu baru berumur 20-an tapi sudah muncul kerutan pada area ekspersi wajah seperti dahi, ujung mata, bawah mata, di daerah T, di atas bibir dan leher bisa menjadi salah satu tanda penuaan dini yang timbul pada wajah. Biasanya, hal ini terjadi karena kulit terlalu banyak terpapar panas matahari, dan mengonsumsi gula berlebih. Apakah kamu mengkonsumsi lebih dari enam sendok teh gula per hari?

Konsumsi gula berlebih dapat mengaktifkan peradangan, mengikat dan merusak kolagen dan elastin sehingga mendorong munculnya kerut dan kendur. Diet sehat merupakan langkah penting untuk melengkapi rutinitas perawatan kulit Anda. Untuk memaksimalkan hasilnya, tambahkan juga antioksidan dalam produk perawatan kulit yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, menyamarkan garis halus dan menjaga kelembapan kulit.

Jadi, temukan rangkaian perawatan kulit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit dan jenis kulit Anda. Dan jangan malas merawat kulit yaagar kulit tetap cantik, sehat berseri.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.