Seberapa Penting Sih Mengaplikasikan Kembali Sunscreen? Disimak ya

Selain pelembab, sunscreen atau tabir surya adalah salah satu produk yang harus kamu pakai untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Apalagi buat kita yang tinggal di negara beriklim tropis ini. Tahu sendiri kan kalau sinar UV itu berbahaya buat kesehatan kulit? Nah, sunscreen ini bertujuan untuk melindungi kulitmu dari radiasi sinar UV dengan cara menyerap energi dari sinar UV menjadi energi panas yang tidak berbahaya bagi kulit dan kadang juga dengan memantulkan sebagian kecil sinar UV.

Pemakaian sunscreen secara rutin bisa mencegah penuaan dini, kerusakan jaringan kulit, sunburn, dan mengurangi resiko kanker kulit. Sayang kan kalau kamu melewatkan rutinitas memakai sunscreen, terutama di wajah? Tapi nyatanya banyak yang belum tahu bahwa sunscreen ini harus sering diaplikasikan ulang setiap 3 jam. Menurut penelitian, suncreen dapat berkurang efektivitasnya seiiring berjalannya waktu. Lapisan sunscreen yang diaplikasikan pada kulit bisa menipis karena terkena keringat, menyentuh kulit, mengusap wajah dengan handuk atau tisu, produksi minyak, terbasuh air, dan sebagainya yang menurunkan fungsinya sebagai pelindung dari sinar matahari. Jadi sudah pasti dong untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, kita harus rajin reapply sunscreen kan?

jangan lupa memakai spf di siang hari

Lalu bagaimana dong cara mengaplikasikan kembali sunscreen tanpa harus merusak makeup? Nah, reapply sunscreen di atas makeup memang agak tricky, karena kebanyakan tabir surya yang dijual di pasaran berbentuk cair atau liquid yang  berpotensi merusak riasan wajah. Sebenarnya, kunci kesuksesan reapply sunscreen agar tidak merusak makeup adalah pemilihan produk sunscreen itu sendiri. Kamu butuh sunscreen dengan formula yang ringan dan cepat menyerap dan yang tidak meninggalkan whitecast. Misalnya saja sunscreen spray dengan klaim bebas minyak. Tinggal semprot ke wajah, beres deh. Atau kamu juga bisa memilih produk sunscreen yang dikemas dalam bentuk cushion atau bedak yang mengandung SPF, jadi bisa sekalian touch-up makeup kan? Jika kamu cuma punya satu jenis sunscreen, misalnya yang dikemas dalam bentuk losion, kamu bisa banget eapply sunscreen dengan bantuan sponge atau puff agar makeup kamu tetep stay dan ga geser. Caranya, tuangkan sedikit sunscreen di punggung tangan, lalu gunakan puff untuk meratakan sunscreen ke seluruh wajah dengan cara ditepuk pelan-pelan, seperti menggunakan bb cushion pada umumnya. Dengan begitu, wajah kamu akan senantiasa terlindung dari sinar UV tanpa merusak riasan sebelumnya. Simple kan? Selamat mencoba ya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.