Perawatan Rambut Rontok untuk Mama Berhijab

 

Merawat rambut untuk wanita berhijab memang ada tantangan tersendiri. Karena harus sering diikat dan di dalam hijab rambut mudah menjadi lembab, rambut butuh perawatan ekstra. Dan biasanya, masalah yang sering dialami adalah rambut rontok. Terutama jika Mama sedang mengASIhi. Dobel rontoknya. Duh!

Padahal bumil dan busui juga harus memperhatikan kandungan produk perawatan rambut rontok yang aman, jadi tidak bisa sembarangan memilih produk hair care. Lalu, bagaimana dong solusinya?

Penyebab Rambut Rontok pada Wanita Berhijab

Sebenarnya kerontokan rambut terjadi bukan karena memakai hijab. Ada beberapa hal yang menyebabkan rambut rapuh, kemudian rontok. Penyebabnya antara lain:

1. Inner hijab atau hijab yang tidak menyerap keringat

Perawatan rambut rontok

Saat berhijab, keringat yang diproduksi kulit kepala menyebabkan rambut menjadi lembab. Apabila keringat tidak bisa terserap dengan baik. keringat ini bisa membuat rambut menjadi kusam, rapuh dan akhirnya mudah rontok.

2. Tidak mengeringkan rambut sebelum memakai hijab

Rambut yang basah membuat kulit kepala menjadi lembab. Jika kita langsung mengenakan hijab sebelum rambut kering, kulit kepala dan rambut tidak bisa bernapas dengan baik. Rambut yang basah akan bergesekan dengan kain hijab, sehingga rambut rapuh dan menjadi rontok.

3. Faktor hormonal selama menyusui

Sebenarnya dalam kondisi normal (tidak hamil), tetap ada sedikit rambut yang rontok setiap hari. Nah, saat hamil terjadi peningkatan hormon estrogen, yang bisa mencegah rambut rontok, sehingga rambut yang rontok lebih sedikit jumlahnya dari pada saat tidak hamil. Lalu setelah melahirkan, dan masuk masa menyusui, kadar hormon estrogen akan kembali normal. Rambut yang tidak rontok di masa kehamilan, akan rontok. Karena kerontokan rambut terjadi dalam waktu singkat, kita merasa jumlah rambut yang rontok sangat banyak.

Lalu bagaimana cara merawat rambut agar tetap kuat dan tidak mudah rontok walaupun mengenakan hijab dan dalam masa menyusui? Kita simak penjelasannya ya.

Perawatan Rambut Rontok Untuk Mama Berhijab

Walaupun masalah rambut rontok ini sangat wajar terjadi pada mama berhijab, terutama yang masih menyusui, kita juga bisa mencegah kerontokan rambut yang lebih parah dengan beberapa cara berikut ini:

1. Pilih bahan hijab yang nyaman

Perawatan rambut rontok

Memilih bahan hijab yang nyaman bisa jadi solusi yang ampuh untuk mengurangi rambut rontok Mama. Terlebih jika keseharian kita memakai hijab di luar rumah dalam waktu lama, seperti saat kerja. Pilih hijab berbahan katun, wolfis, atau voal yang tidak gerah saat dipakai.

Kulit kepala yang berkeringat dalam keadaan tertutup hijab bisa memicu rambut rontok. Pada saat kepala berkeringat dalam durasi yang panjang, akan mengakibatkan bakteri dari kulit kepala tercampur dengan keringat dan terakumulasi di permukaan kulit kepala. Jika hal ini berlangsung lama bisa menyebabkan infeksi jamur sehingga menyumbat pori-pori yang menyebabkan kerontokan rambut.

2. Hentikan pemakaian hair dryer, pengeriting atau catokan rambut, dengan temperatur panas terlalu tinggi

Perawatan rambut rontok

Karena tidak baik mengenakan hijab saat rambut dan kulit kepala masih basah, banyak Mama yang tidak ingin berlama-lama mengeringkan rambut sebelum pakai hijab. Penggunaan hair dryer dengan kecepatan dan temperatur yang tinggi menjadi pilihan praktis. Padahal suhu yang tinggi ini dapat memicu kerontokan rambut Mama lebih parah, lho. Gunakan saja hair dryer dengan kecepatan dan temperatur rendah dengan jarak aman 15cm dari rambut. Atau bisa juga mengeringkan rambut dengan bantuan kipas angin.

3. Penuhi kebutuhan nutrisi harian

Perawatan rambut rontok

Sebagaimana pun kita merawat rambut, kalau tidak diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi, tentu tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Sebaiknya, mulailah pemperbanyak konsumsi makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut seperti makanan tinggi protein, serta kaya vitamin A, C, D dan E misalnya saja alpukat, kacang-kacangan, ubi, wortel sayuran hijau dan ikan.

4. Pilih produk perawatan rambut yang tepat

Selain dari makanan, untuk merawat rambut rontok, gunakan produk perawatan rambut yang berbahan dasar alami. Ganti shampo dengan bahan-bahan yang lebih ramah di rambut, yang tidak mengandung deterjen yang menghasilkan banyak busa.

Mama juga bisa mengaplikasikan vitamin rambut yang memperkuat akar dan batang rambut, serta membantu pertumbuhan rambut. Setelah keramas dan keadaan rambut setengah kering, oleskan vitamin atau serum rambut ke kepala. Pijat-pijat pelan ke kulit kepala agar bisa menyerap dengan baik. Vitamin dan serum rambut akan menutrisi kulit kepala, serta membuat rambut jadi lebih kuat.

5. Tidak mengikat rambut terlalu kencang

Perawatan rambut rontok

Jangan mengikat rambut terlalu kencang, Moms. Sebaiknya hindari kebiasaan mengikat rambut seharian yang memicu gangguan pada kulit rambut yang bernama Traksi Alopecia. Yaitu rontoknya rambut akibat ketegangan berkepanjangan atau berulang pada kulit akibat mengikat rambut terlalu kencang.

Jika memiliki rambut panjang, ganti ikat rambut dengan jepitan rambut yang tidak terlalu mengikat kencang.

6. Beri rambut waktu untuk bernapas

 

Saat berada di dalam rumah, lepas hijab dan biarkan rambut terurai seharian. Dengan memberi waktu pada kulit kepala dan rambut untuk bebas, bisa membantu menghindari kerontokan.

Kerontokan rambut usai melahirkan dan semasa menyusui adalah hal yang normal dan wajar, jadi Moma tidak perlu cemas. Bila kerontokan rambut terus terjadi bahkan hingga Si Kecil berusia satu tahun, tak ada salahnya Moms coba bertemu dengan dermatologis untuk memastikan bahwa tak ada masalah berat dari kerontokan rambut yang dialami.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.