Parfum 101: Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Parfum

parfum
Parfum 101: Yang Wajib Anda Ketahui Tentang Parfum. Begitu banyak istilah asing yang ada dalam dunia wewangian, seperti Eau de parfum, Eau de toilette, Eau de coglone, dan sebagainya. Bagi Anda yang belum paham maksudnya, jangan khawatir. Artikel kali ini kami akan menjelaskan semua tentang parfum yang harus Anda tahu.

Kadar Konsentrasi Parfum

Parfum
Parfum/perfume memiliki konsentrasi terkuat, sekitar 20-30%. Top note, middle note dan base note pada parfum melepaskan wangi dengan perlahan selama waktu tertentu, namun wanginya berubah sepanjang pemakaian. Jenis ini merupakan wewangian terkuat dan sebaiknya digunakan pada titik-titik denyut nadi. Anda cukup menyemprotkannya sedikit saja dan aromanya bisa bertahan sampai 6 jam tergantung jenis kulit dan aktivitas yang anda lakukan.

Eau de Parfum (EDP)
Aromanya lebih ringan dari parfum dengan konsentrasi antara 10-20%. Karena lebih ringan, wanginya bisa bertahan 3-5 jam. EDP ini memberikan top, middle dan base notes yang cukup kuat. Pemakaiannya dapat disemprotkan pada rambut dan pakaian (hindari pemakaian pada kain halus karena bisa merusak serat kain), merupakan versi parfum dengan aroma lebih lembut.

Eau de Toilette (EDT)
Terbuat dari 5-10% campuran parfum, eau de toillette sangat ideal untuk cuaca panas/hangat. Eau de toilette cenderung menyegarkan dan cepat menguap. Karena itu, wewangian ini cocok digunakan sehari-hari. Ketahanan aromanya antara 2-4 jam saja.

Eau de Coglone (EDC)
Adalah jenis wewangian yang paling ringan, biasanya dengan konsentrasi 2-3% saja. Jenis ini pilihan ideal untuk sehari-hari di cuaca panas. Namun, juga bertahan sebentar, hanya 2 jam saja.

Lapisan Aroma

Top Notes
Lapisan paling atas, reaksi pertama Anda pada wewangian ini. Keharumannya cenderung lebih keras dan cepat menguap.

Middle Notes
Middle Notes atau Heart Notes berada di antara top notes dan base notes dalam hal lamanya keharuman. Lapisan ini tercium setelah aroma top notes menguap. Umumnya mengandung aroma bunga dan herbal seperti mawar dan lavender.

Base Notes
Ini adalah lapisan aroma dasar yang merujuk kepada bahan yang paling keras dalam parfum. Base notes dan middle notes akan tercampur di kulit dan menciptakan tema aroma utama parfum, tetapi Anda mungkin tidak mencium base notes sampai 30 menit setelah pemakaian awal. Musk adalah salah satu base notes yang popular.

Aroma Wewangian

Floral
Aroma wewangian yang mewakili satu rumpun bunga. Umumnya mengkombinasikan konsentrat keharuman dari bunga jeruk, peoni, neroli dan freesia. Alternatif lain, satu aroma wewangian mendominasi satu bunga tertentu, seperti mawar.

Fruity
Dari aroma rasberi dan apel, sampai jeruk bali dan lemon, aroma buah-buahan cenderung lebih segar dan feminim.

Oriental
Amber dan musk adalah dasar dari rumpun wewangian oriental. Wanginya yang manis dan hangat, adalah satu satu wewangian dunia yang paling legendaris. Tonka bean dan vanila juga digunakan dalam wewangian oriental.

Spicy/Woody
Hangat dan misterius, aroma yang spicy yang mungkin dicampur dengan tembakau, kayu manis, kayu cendana, kayu aras atau jahe. Minyak nilam juga sering pada cologne yang berbau kayu-kayuan atau rempah-rempah.

Oceanic
Wewangian kelautan yang diklaim jenis yang relatif baru yang mengandung aroma sintetis menyerupai bau udara pegunungan dan kain bersih.

Green
Wewangian hijau yang dikenal pilihan yang sangat baik untuk acara santai di siang hari, karena mereka menawarkan aroma daun segar dan rumput yang baru dipotong.  Jenis ini ringan untuk dikenakan pada acara santai.

Nah, itu dia beberapa hal tentang istilah dalam dunia wewangian yang wajib Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat ya..

 

(Visited 109 times, 1 visits today)
Please follow and like us:
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.