My Acne Story: Cerita di Balik Perjalanan Menemukan Produk Skincare Yang Cocok

Pernah ga sih merasa tergiur dengan rangkaian perawatan kulit yang lagi heboh banget itu? Mulai dari 10 steps korean skin care, glow skin, honey skin, glass skin, 7 skin skin method, dan sebagainya. Tapi nih, kalau mau mencoba metode perawatan kulit yg baru, harus hati-hati yah. Jangan sekali-kali mencoba memasukkan beberapa produk baru (yg belum pernah kamu coba) sekaligus ke dalam rangkaian rutinitas perawatan kulit kamu. Juga buat kamu yang mau lepas krim dokter, bahkan kamu yang kulitnya masih “virgin” alias belum pernah memakai produk apa pun.

Postingan kali ini aku mau cerita pengalaman pribadi nih ya, seumur-umur belom pernah nyoba skincare korea, Desember tahun kemaren aku nyobain 10 steps skincare routine ala korea gitu. Dan hasilnya? 1 bulan pertama sih oke ya, wajah jadi bersih dan cerah, tapi udah mulai nih bibit-bibit jeriwi bermunculan. Satu muncul di dahi, terus kempes, ganti di pipi kanan-kiri, kempes lagi ganti di jidat lagi, gitu. Sampai 5 bulan jerawatan di sana-sini. Padahal seumur hidup jarang banget jerawatan.

Obat jerawat lewaaaat. Exfoliating toner ga ngaruh ke jerawat. Masker dari yang alami sampai masker pabrikan juga tetep aja si jerawat tumbuhnya gantian. Capek. Akhirnya akhir bulan Mei aku mutusin buat berhenti pakai produk yang segala macem itu dan fokus ke menyehatkan dan memperkuat pertahanan kulit. Jatuhlah pilihan ke Laneige waterbank essence Water Sleeping Mask, optimals hydra radiance day cream sama serumnya. Bahkan exfoliating product juga aku tinggalin. Entah itu toner, scrub ato masker. Cuci muka juga cuman sekali doang di malam hari (yg pakai sabun). Pagi cuci muka biasa tanpa sabun.

Hasilnya? Lumayan lah, jerawat enggak muncul besar-besar kayak kemaren. Cuman masih gantian munculnya.
Nah akhirnya, bulan Juni kemaren dapet pencerahan. Kalo lagi jerawatan sebaiknya segala produk pencerah ato pemutih dihetikan sementara. Katanya sih bisa memperparah jerawat di muka. Ya udah deh, say goodbye to my optimals hydra radiance. Dilanjut besok lagi kalo masalah jerawatnya sudah selesai.

Jadi waktu itu senjata cuman essence sama water sleeping mask nya si Laneige doang. Spf nya pakai Emina, dan face wash nya si Gokujyun. Daaaannn syukak banget sama produk-produk ini. Cuman face washnya meskipun judulnya Gokujyun (melembabkan) tapi di kulit aku tetep bikin kering. Meski ga sekering memakai produk-produk yang dijual di toko. Saatnya berburu face wash. Hehehe.

Karena kulit aku tipe kulit yang dehidrasi (entah kenapa, padalah minum juga udah super banyak, sering makan buah sayur juga), aku merasa wajah masih kadang kering dan kadang berminyak juga. Akhir Juni, karena merasa cocok sama wsm dan essencenya Laneige, aku cobain gel cream sama moisture creamnya juga. Gel cream buat pagi hari, moisture cream buat malem hari hari sebelum memakai water sleeping mask. Cocok. Untuk jerawat yang masih ada, aku totol pake obat jerawatnya nourish skin. Lumayan sih, tapi kulit jadi mengelupas. Gak apa lah, kan ada si Laneige water bank yang ampuh buat kulit kering. Jerawat merda, wajah jadi supple, lembut, cerah dan pastinya sehat dong.

Kesalahan awal perawatan kulitku adalah dengan memasukkan berbagai jenis produk dalam satu waktu. Jadi kulit enggak punya waktu untuk menyesuaikan dengan produk tersebut. Selain itu, aku juga enggak tahu produk mana yang membuat jerawat muncul tanpa jeda. Bahkan tetap muncul meski sudah ganti produk perawatan 😩. Tapi sekarang kulitku jauh lebih sehat dan bersih, tinggal menghilangkan bekas jerawatnya saja. Yay!!

Karena itu, jika kamu sedang ingin beralih dari produk perawatan kulit kamu yang sekarang atau buat kamu yang mau mulai merawat kulit, coba masukin produk secara bertahap. Mungkin bisa dimulai dari cleanser dulu. Dan beri kulit cukup waktu untuk beradaptasi. Dengan begitu, kamu bisa tahu, mana yang cocok di kulit dan yang enggak cocok buat kamu.

Kondisi kulit setiap orang itu berbeda. Belum tentu produk yang dipakai si A cocok kamu pakai. Jadi, memilih skincare routine memang merupakan suatu tantangan tersendiri. Jangan menyerah ya.

(Visited 63 times, 1 visits today)
Please follow and like us:
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.