Makanan Dan Minuman Ini Sebaiknya Kamu Hindari Saat Berbuka Puasa, Karena Kurang Baik Untuk Kesehatan

Di bulan Ramadhan ini, seluruh umat Islam diwajibkan berpuasa menahan lapar dan haus. Berpuasa seharian dengan segudang aktivitas yang padat membuat siapa pun merasa lemas, lapar, dan dehidrasi. Keadaan ini membuat kita tidak hanya lapar perut, tapi juga lapar mata, ingin mencicipi berbagai makanan saat berbuka nanti. Apalagi saat melihat berbagai jenis jajanan dan tentunya es yang dijual di pinggir jalan. Rasanya es dan gorengan tidak pernah absen di meja makan ketika berbuka puasa. Ya, kan?

Tapi, sayangnya nggak semua menu yang jadi favorit itu bagus untuk dikonsumsi lho, apa lagi pas waktu buka puasa. Rasa enak yang dirasakan mulut belum tentu menyehatkan. Jadi sebaiknya hindari deh, makanan-makanan ini, biar puasa lancar, tubuh pun sehat

1. Gorengan

Nah, makanan yang satu ini pasti menjadi menu andalan pembuka puasa. Mulai dari bakwan, tahu, tempe, risoles, perkedel dan berbagai jenis gorengan lainnya wajib ada di menu buka puasa kamu. Siapa sih yang bisa nolak kalau liat sepiring gorengan di depan mata pas buka puasa?

Tapi gorengan sebenarnya nggak baik lho dikonsumsi saat berbuka karena akan sangat berpotensi bikin lemak di tubuh kita bertambah. Hal ini karena selama berpuasa tubuh kita banyak kehilangan air, karbohidrat dan protein. Sedangkan gorengan mengandung banyak lemak yang tidak begitu dibutuhkan oleh tubuh. kalau gak mau tubuh bertambah lebar pasca puasa, hindari makan gorengan, ya.

2. Buah dan sayur yang mengandung gas

Buah dan sayuran memang baik bagi kesehatan. Tapi, sebaiknya hindari yang mengandung gas yah seperti sawi, kol, dan kacang-kacangan. Buah-buahan seperti nangka, pisang ambon, dan buah yang dikeringkan seperti kismis juga sebaiknya tidak dikonsumsi saat berbuka karena dapat memicu asam lambung.

3. Minuman Dingin

Nah, ini favorit semua orang. Rasanya emang enak banget buat minum air es dan segala minuman yang dingin buat ngilangin dahaga setelah seharian berpuasa kan. Duh, ngebayanginnya aja udah berasa seger banget.

Eits, tunggu dulu nih, gaes. Ternyata langsung meminum air es atau minuman dingin lainnya saat berbuka puasa bisa menyebabkan kontraksi pada lambung yang akhirnya membuat kita merasa kenyan. Padahal kita belum mengkonsumsi makanan sama sekali.

Kalau kamu tetap masih ingin minum air dingin, sebaiknya disiasati dengan meminum air hangat terlebih dahulu karena air hangat dapat membantu lambung untuk beradaptasi setelah perut kosong seharian.

4. Teh dan kopi

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya kaum adam, kedua minuman ini sangat ditunggu-tunggu saat sahur maupun buka puasa. Banyak orang yang mengkonsumsi teh atau kopi saat sahur agar bisa merasa segar dan tidak mengantuk saat seharian berpuasa.

Tapi kenyataannya berbeda. Kedua minuman ini justru akan membuat tubuh kita jadi cepat lemas, lho. Teh dan kopi ini yang termasuk ke dalam jenis minuman diuretik yang merangsang urine untuk keluar, hal ini akan dengan cepat mengurangi kadar air dalam tubuh kita. Jadi Sebaiknya, perbanyak minum air mineral saat sahur dan buka puasa, ya, agar cairan tubuh yang hilang saat berpuasa segera tergantikan.

5. Mie Instan

Instan, enak, mudah dan murah cocok untuk menggambarkan makanan yang satu ini. Nggak perlu memasak ribet, hanya perlu memasaknya dengan air yang mendidih kamu bisa memakan makanan ini setelah matang. Tapi kira-kira makanan ini baik nggak sih untuk kesehatan?

Kandungan yang terdapat pada mie instan dapat membahayakan kesehatan tubuh lho. Kalau sering mengonsumsinya, kamu akan terkena penyakit obesitas, jantung, stroke, kanker, tekanan darah tinggi, gagal ginjal, diabetes, dan masih banyak penyakit kronis lainnya. Jadi, mulai sekarang kurangi konsumsi mie berlebih ya kalau ingin tubuhmu tetap sehat.

6. Makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas memang dapat menambah nafsu makan. Tapi, mengonsumsinya saat perut dalam keadan kosong  setelah berpuasa seharian akan membuat lambung terluka.

Sebab, saat puasa lambung itu sensitif dan mengonsumsi makanan pedas tentu dengan mudah akan merangsang rasa perih dan menimbulkan rasa kembung di perut. Selain itu, makanan pedas dapat menyebabkan kamu terkena penyakit maag lho.

7. Makanan yang terlalu manis

Saat puasa, kadar gula dalam darah ikut menurun. Kamu butuh makanan manis untuk mengembalikannya. Tapi, jangan asal pilih makanan ya.

Makanan yang mengandung kadar gula tinggi seperti permen dan cokelat sebaiknya dihindari karena dapat menaikkan berat badan bila dikonsumsi setiap hari. Selain itu, makanan yang terlalu manis membuat kita cepat merasa haus. Reaksi tersebut wajar terjadia akibat dari lonjakan kadar gula darah yang naik secara tiba-tiba.

Pilihlah yang mengandung gula alami seperti buah-buahan yang dapat mengembalikan energi kamu. Salah satu buah yang sangat dianjurkan adalah kurma.

Mulai sekarang, kamu harus pintar-pintar memilih makanan untuk dikonsumsi ya apalagi saat Ramadhan ini supaya tubuh kamu khususnya lambung tetap sehat. Jangan sembarang memilih makanan lagi!

(Visited 30 times, 1 visits today)
Please follow and like us:
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.