Pengin Punya Rambut Panjang? Ikuti 8 Langkah Ini Untuk Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Pengin Punya Rambut Panjang? Ikuti 8 Langkah Ini Untuk Mempercepat Pertumbuhan Rambut. Tren rambut sama seperti tren fashion. Selalu berubah. Rambut panjang, rambut pendek, lurus, keriting, hitam, maupun rambut diwarnai. Nah, jika Anda “terlanjur” mengikuti tren rambut pendek, namun merindukan rambut panjang Anda kembali, mungkin cara tercepat adalah dengan hair extension. Tapi biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit, kan? Tenang, kami punya solusinya. Dengan beberapa langkah ini, tidak memerlukan waktu yang lama kok, untuk mendapatkan rambut yang panjang dan sehat lagi. Selamat mencoba, ya.

1. Berhenti Mewarnai Rambut

mempercepat pertumbuhan rambut
mewarnai rambut

Pewarna rambut banyak mengandung bahan kimia yang bisa merusak kulit kepala dan menghambat pertumbuhan rambut. Terlalu sering mewarnai rambut tidak akan berdampak baik untuk kesehatan rambut.

2. Kurangi Pemakaian Alat Pemanas Rambut

mempercepat pertumbuhan rambut
pelurus rambut

Pemakaian pemanas rambut seperti hair dryer, pengeriting, maupun pelurus rambut meskipun bisa membuat gaya rambut semakin cantik, tapi jika terlalu sering digunakan bisa membuat rambut menjadi rapuh dan mudah rontok.

3. Gunakan Shampo yang Tepat

mempercepat pertumbuhan rambut
keramas dengan sampo

Berkeramas menggunakan shampo bagus untuk menghilangkan debu, dan kotoran lainnya yang menempel di rambut. Tapi terlalu sering berkeramas malah membuat minyak esensial alami rambut hilang. Cukup keramas dua atau tiga kali seminggu dengan menggunakan shampo yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan rambut Anda.

4. Gunakan Kondisioner

mempercepat pertumbuhan rambut
kondisioner

Pewarnaan dan penggunaan alat pemanas rambut membuat rambut menjadi rusak. Untuk itu, menggunakan kondisioner setelah keramas dapat menjaga kelembaban rambut dan membantu mencegah kerusakan rambut yang lebih lanjut.

5. Gunakan Minyak atau Masker Rambut

mempercepat pertumbuhan rambut
masker rambut

Untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut, Anda bisa menggunakan produk perawatan rambut yang tersedia di toko-toko atau pun menggunakan bahan alami, seperti minyak zaitun, lidah buaya, santan, teh hijau, minyak kemiri atau bahan alami lainnya.

6. Memijat Kulit Kepala dengan Rutin

mempercepat pertumbuhan rambut
memijat kulit kepala

Rutin memijat kulit kepala dengan lembut – bisa dilakukan saat keramas atau saat mengaplikasikan masker rambut, atau serum – akan membantu melancarkan peredaran darah pada kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, pemijatan ini juga bisa membersihkan kulit kepala dari kotoran yang menyebabkan jamur dan ketombe, lho.

7. Kurangi Berenang

mempercepat pertumbuhan rambut
berenang

Kandungan klorin pada air kolam renang dapat merusak dan memperlambat pertumbuhan rambut. Tapi jika Anda sulit meninggalkan hobi berenang, Anda bisa menyiasatinya dengan membungkus rambut Anda saat berenang, dan segera berkeramas dengan shampo dan menggunakan kondisioner setelah berenang agar kelembaban rambut tetap terjaga.

8. Diet Sehat

mempercepat pertumbuhan rambut
Diet sehat untuk rambut kuat

Diet tidak hanya untuk menguruskan badan saja lho. Lebih tepatnya, kata diet berarti mengontrol asupan gizi pada makanan. Selain perawatan dari luar, tubuh Anda juga memerlukan banyak nutrisi-nutrisi yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut, seperti zinc, protein, vitamin B, dan zat besi. Selain membantu mempercepat pertumbuhan rambut, makanan dengan kandungan protein tinggi seperti susu, kacang-kacangan dan daging juga akan menjaga rambutmu tetap sehat dan tidak mudah rusak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.