Fakta Seputar SPF Dan Fungsinya Yang Harus Kamu Tahu

SPF (Sun Protection Factor). Pasti sering dong mendengar istilah SPF ini di dunia perawatan kulit. SPF ini berfungsi menjaga kulit dari pengaruh buruk sinar UV yang dipancarkan matahari.

Nah, sinar ultraviolet atau lebih terkenal dengan nama sinar UV ini ada dua jenis lho, girls. UV A dan UV B. Huruf A pada UV A berarti ”Aging” (penuaan) dan B pada UV B yang artinya “Burning” (pembakaran). Maksudnya adalah kalau sinar UV A itu bisa menyebabkan penuaan dini, sedangkan sinar UV B berperan memberikan rasa terbakar pada kulit, yang nantinya bisa menimbulkan dark spot atau bintik-bintik hitam di wajah. Ga mau, kan?

Untuk mencegah penuaan dini dan munculnya bintik-bintik hitam di wajah, kamu perlu melindungi kulit kamu dengan produk yang mengandung SPF  yang mempunyai fitur “Broad Spectrum”, yang mampu melindungi kulit dari kedua sinar UV baik A maupun B.

Selanjutnya, kamu mungkin masih merasa bingung memilih tingkatan tabir surya buat kulit kamu. Pilih SPF 15, SPF 25, SPF 30, SPF 50 ya? Atau mungkin kalian malah berpikir bahwa semakin tinggi kandungan SPF nya, maka semakin lama dan semakin banyak perlindungan yang diberikan. Sehingga kalian merasa bahwa mengaplikasikannya 1x saja sudah cukup.

Padahal, tingginya kandungan SPF berkaitan dengan berapa lama produk itu bisa melindungi kulit dari sengatan matahari. Kalikan saja kandungan SPF tersebut dengan angka 10 dalam satuan menit. Contohnya, jika SPF 20 ++ berarti produk tersebut bisa melindungi kulit selama 200 menit atau sekitar 3 jam.

 

Selain itu angka di belakang SPF tersebut juga membedakan seberapa besar sunscreen tersebut dapat melindungimu dari sinar UVB, walaupun satu sama lain sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh.

  • SPF 15, artinya 1/15 dari sinar UV B bisa menembus kulit, sehingga SPF 15  dapat menahan sampai 93% dari sinar UVB
  • SPF 30, artinya 1/30 dari sinar UV B yang bisa menembus kulit, SPF 30 dapat menahan sampai 97% dari sinar UV B
  • SPF 50, artinya 1/50 sinar UV B bisa menembus kulit, SPF 50 dapat menahan sampai 98% dari sinar UVB

Artinya, semakin tinggi kandungan SPF nya, maka semakin bagus perlindungan yang diberikan terhadap sinar UV B. Tapi, yang yang harus kamu perhatikan adalah semakin tinggi nilai SPF suatu produk, biasanya semakin lengket dan susah diratakan pada kulit, jadi untuk penggunaan sehari-hari SPF 30 sudah cukup asalkan dengan pemakaian yang benar.

SPFsebaiknya digunakan sekitar 2mg/cm2 pada kulit atau sekitar satu ons untuk seluruh tubuh dan diaplikasikan secara berulang setiap 2-3jam sekali agar perlindungan yang kamu dapatkan bisa maksimal.

(Visited 34 times, 1 visits today)
Please follow and like us:
0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.