Sudah Berolahraga Tapi Berat Badan Tidak Turun Juga? Mungkin Ini Salah Satu Alasannya

Alasan Berat Badan Tidak Turun Meski Sudah Berolah Raga.  Halo, sahabat cantik… Terkadang kamu suka heran dan bertanya-tanya ga sih, kenapa kok berat badan tidak turun meski sudah rajin berolah raga?  Mempunyai berat badan ideal merupakan mimpi kebanyakan orang. Maka, bersyukurlah kamu yang dikaruniai postur tubuh yang ideal, tidak gemuk, juga tidak kurus. Namun bagaimana dengan mereka yang bertubuh gemuk?

Sebagian besar orang bertubuh gemuk merasa kesulitan untuk menurunkan berat badan mereka, walaupun sudah melakukan diet ketat dan rajin berolah raga. Nah, bagi kamu yang memiliki masalah seperti ini, simak  7 alasan berat badan tidak turun walaupun sudah diet dan berolah raga rutin yang dikutip dari #OriflameID.

1. Kamu makan makanan yang salah
80% penurunan berat badan tergantung dari pola dan jenis makanan yang kita konsumsi.
Sebaiknya makanan yang mengandung karbohidrat (beras merah, kentang, serealia) lebih banyak dikonsumsi apabila hari itu banyak melakukan kegiatan fisik atau olah raga yang berat.
Pada hari yang cenderung santai, usahakan makan lebih banyak makanan yang mengandung protein serta sayur-sayuran.
Hindari roti, gula, dan makanan olahan lainnya.

2. Kamu makan terlalu banyak
Hidup adalah tentang keseimbangan. Pastikan jumlah kalori yang masuk ke tubuh dari makanan tidak lebih besar dari kalori yang dibakar dari aktivitasmu.

3. Kamu melakukan terlalu banyak olah raga tipe kardio
Olah raga tipe kardio (lari, aerobic high impact, sepeda, dll) memang baik untuk membakar lemak tubuh, tapi, bila dilakukan terlalu lama dan terlalu banyak malah akan mengurangi massa otot kamu.
Padahal tubuh sangat membutuhkan massa otot untuk meningkatkan metabolisme.

4. Kamu tidak melakukan olah raga tipe latihan beban
Selain latihan tipe kardio, tubuh sangat membutuhkan latihan tipe beban, karena sangat berkaitan dengan pembentukan massa otot.
Massa otot akan meningkatkan metabolisme dan tentu saja akan meningkatkan pembakaran sehingga tubuh akan mampu mengurangi kelebihan lemak yang ada.
Kombinasikan latihan kardio dengan squat, lunges, push-up dll sebagai cara untuk menambah massa otot kamu.

5. Kamu kurang keras dalam melakukan olah raga
Lamanya waktu yang dihabiskan di pusat kebugaran tidak selalu menentukan keberhasilan seseorang dalam menurunkan berat badan.
Yang terpenting adalah intensitas dalam berolahraga. Maksimalkan waktu yang kamu punya saat berolah raga dengan melakukan olah raga yang tepat, efektif dan efisien.

6. Kamu kurang waktu untuk pemulihan setelah olah raga
Ketika kamu sudah berolah raga dengan sangat keras, tubuh kamu perlu diistirahatkan karena saat itulah pembakaran lemak terjadi.
Yang terpenting adalah jangan terlalu memaksa tubuh.

7. Tubuhmu dalam keadaan stress
Ketika stress tubuh memproduksi hormon cortisol. Hormon ini membuat tubuh lebih mudah menyimpan lemak.
Hindari stress agar tubuh semakin optimal dalam melakukan pembakaran lemak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.