Inilah 9 Kesalahan Saat Diet Yang Sering Tidak Disadari

Inilah 9 Kesalahan  Saat Diet Yang Sering Tidak Disadari. Biasanya diet dilakukan untuk menurunkan berat badan, yang kebanyakan orang beranggapan bahwa diet itu dilakukan dengan cara mengurangi porsi makan. Namun, girls, anggapan ini ternyata salah besar. Karena diet tidak hanya bertujuan untuk menurunkan berat badan semata dengan mengesampingkan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Banyak yang merasa sudah melakukan diet ketat, namun berat badan tak kunjung turun, dan tubuh malah menjadi rentan terhadap penyakit. Itu karena mereka tidak menyadari kesalahan-kesalahan program diet yang sedang diikuti. Apa saja kesalahan saat diet yang tergolong fatal yang sering dilupakan? Disimak yuk.

1. Melakukan diet ketat (crash diet)

crash diet
crash diet

Crash diet atau menurunkan berat badan dengan sangat cepat dengan makan dalam porsi yang terlalu sedikit hanya membuat seseorang merasa cepat lelah dan mudah sakit. Meskipun metode ini dipercaya sangat ampuh, tapi jangan lupakan bahwa tubuh kamu butuh asupan nutrisi yang seimbang untuk menghasilkan energi, dan melancarkan metabolisme tubuh. Diet yang benar dan dianjurkan adalah diet yang seimbang, tidak menghilangkan salah satu unsur dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Melewatkan makan untuk diet

melewatkan makan
melewatkan makan

Banyak wanita cenderung mengabaikan makan untuk menurunkan berat badan. Tapi melewatkan makan dapat membahayakan tubuh. Setelah tubuh berpuasa di malam hari saat tidur, tubuh mengalami kekurangan nutrisi, sehingga sarapan adalah hal yang sangat penting untuk mencukupi kebutuhan energi untuk memulai aktivitas sehari-hari. Sedangkan saat tidur, tubuh tetap membutuhkan protein untuk regenerasi sel-sel dalam tubuh. Dengan melewatkan makan, metabolisme dan regenerasi sel-sel yang rusak dapat terganggu.

3. Mengganti makanan dengan suplemen diet

suplemen diet
suplemen diet

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badannya dengan memanfaatkan pil diet. Meskipun suplemen diet memberi nutrisi dan vitamin pada tubuh, tapi tetap saja tubuh memerlukan makanan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Suplemen hanyaa berfungsi untuk mendukung agar program diet yang kamu lakukan berhasil.

4. Makan terlalu banyak setelah berolahraga

balas dendam setelah berolah raga
balas dendam setelah berolah raga

Lapar setelah berolahraga hal yang wajar karena banyak kalori yang terbakar saat berolahraga. Namun balas dendam setelah berolahraga adalah kesalahan besar yang sering tidak disadari. Jika kalori yang dikonsumsi setelah berolah raga ternyata lebih besar dari pada kalori yang dibakar, maka malah menyebabkan berat badan naik.

5. Kurang Tidur

kurang tidur
kurang tidur

Tidur yang cukup merupakan salah satu faktor untuk menunjang keberhasilan diet kamu. Namun, banyak yang masih meremehkan kebutuhan tubuh untuk beristirahat. Menurut penelitian seseorang yang tidur dengan waktu yang kurang maka tubuhnya akan membuat produksi hormon koristol, produksi insulin dan gula darahpun akan naik. Hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi lapar dan menjadikan resistensi insulin, dimana resistensi insulin ini akan menjadikan tubuh menyimpan lebih banyak lemak.

6. Kurang minum air putih

minum-air-putih
minum-air-putih

Saat tubuh kekurangan air maka pencernaan dan metabolisme nutrisi tidak lancar. Jadi, dianjurkan agar tetap minum air putih 2 sampai 3 liter perharinya.

7. Gula tersembunyi

gula tersembunyi
gula tersembunyi

Kebanyakan orang yang diet selalu mengontrol makanan manis dan menghindari gula. Padahal banyak makanan yang tinggi kandungan gulanya, seperti madu, buah kering, dan jus buah. Untuk menghindarinya, cobalah mengkonsumsi buah secara segar, bukan dalam bentuk jus atau olahan lain. Buah memang mengandung fruktosa atau gula buah yang tinggi, tapi kandungan seratnya juga tinggi sehingga bisa mengimbangi asupan gula.

8. Menghindari lemak

makanan berlemak
makanan berlemak

Ini juga kesalahan yang dibuat banyak orang tanpa disadari. Pola makan diet ini tergolong tidak seimbang karena tubuh tetap memerlukan lemak untuk meningkatkan penyerapan vitamin, menyeimbangkan hormon, mendukung fungsi otak dan jantung. Kebayang kan akibatnya jika tubuh kekurangan kadar lemak yang dibutuhkan?

9. Menggabungkan banyak program diet

diet

Bagi wanita, berat badan adalah hal yang sangat penting, dan tak jarang yang menggabungkan beberapa program diet untuk mencapai berat badan yang ideal. Hal ini sangat berbahaya bagi tubuh. Ikuti saja satu program diet yang sehat dan benar. Dengan diet sehat, kamu tidak hanya menurunkan berat badan, tapi juga membantu kamu membatasi asupan gizi berlebih yang memicu banyak penyakit, seperti kegemukan, kolesterol, penyakit jantung, diabetes dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa kesalahan saat diet yang cukup fatal yang bahkan tidak disadari. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.