7 Trik Memakai Lipstick Matte Untuk Bibir Cantik Tanpa Pecah-Pecah

Lipstick adalah salah satu makeup essensial yang harus kamu punya. Walaupun kamu sedang tidak memakai bedak sama sekali, dengan lipstick, wajah kamu tetap bisa terlihat cerah dan segar. Enggak heran juga, kalau sekarang pemulas bibir ini tersedia dalam beragam jenis dan warna. Salah satunya adalah lipstick matte yang masih banyak penggemarnya. Tapi, sayangnya kebanyakan lipstik bertekstur matte ini sering membuat bibir menjadi pecah-pecah dan kering. Untuk itu, kamu harus tahu trik sederhana untuk mendapatkan bibir cantik tanpa pecah-pecah dengan lipstick matte. 

1. Lakukan eksfoliasi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan sisa-sisa lipstick yang pernah kamu pakai.

Mengeksfoliasi bibir itu penting untuk menghindari terjadinya penumpukan sel kulit mati. Kulit kering dan sel-sel kulit mati menjadikan bibir terlihat kasar dan lipstick tidak menempel sempurna. Setidaknya lakukan setiap 2-3 hari sekali agar bibir kamu tetap halus dan lembut ya. Kamu bisa membuat sendiri scrub gula dan madu untuk mengangkat sel kulit mati dan sisa-sisa lipstick yang masih menempel di bibir.

2. Aplikasikan lipbalm sebelum lipstick

Beberapa formula lipstik matte kerap memberikan efek kering yang signifikan pada kulit bibir. Untuk itu aplikasikan lip balm pada bibir kamu, girls. Cara ini akan membantu mengisi kulit bibir yang berkerak sehingga menghasilkan tampilan lipstik matte yang tampak halus dan merata.

3. Tunggu agar formula pelembab bibir kamu meresap di bibir.

Ingat, jangan langsung mengaplikasikan lipstik matte setelah mengoleskan lip balm. Lebih baik lanjutkan proses make up sehingga bibir dapat menyerap pelembap tersebut. Sebaiknya kamu oleskan lipbalm 15 menit sebelum lipstick.

4. Bingkai bibir dengan lip liner atau pensil bibir agar lipstick lebih rapi.

Agar lipstick yang kamu oleskan tidak meleber, sebaiknya gambar dulu garis bibir kamu dengan lip lineryang memiliki rona serupa dengan lipstik pilihan kamu. Formula pensil bibir biasanya lebih kering daripada lipstik sehingga membuat lipstik jadi lebih rapi dan menggambar garis bibir pun bisa mempertegas bentuk bibirmu.

5. Opsi lain untuk mencegah lipstik belepotan adalah dengan membuat garis batas pada bibir menggunakan concealer, base lip, atau lip primer.

Apabila memakai lipstik berwarna berani, penggunaan concealer ini juga bertujuan untuk mencegah lipstik luntur dan membuat warna lipstick tahan lama.

6. Minum air putih

Bibir kering dan pecah-pecah itu merupakan salah satu tanda bahwa tubuh kamu dehidrasi dan  sedang membutuhkan banyak air. Jadi jangan lupa minum air putih agar tubuh kamu tidak kekurangan cairan, sehingga bibir dan kulit juga ikut terjaga kelembabannya.

7. Bersihkan bibir dari lipstick dan debu yang menempel dengan makeup remover khusus untuk bibir.

Setelah seharian menempel di bibirmu, bersihkan lipstick matte kamu dengan lip remover untuk menjaga kelembaban bibirmu. Salah satu alternative remover yang bisa kamu gunakan adalah petroleum jelly. Selain membersihkan sisa lipstik, produk ini juga membantu jaga kelembaban bibir kamu. Cara penggunaannya, oleskan petroleum jelly ke seluruh permukaan bibir, pijat-pijat sebentar, lalu bersihkan dengan tissue.

(Visited 11 times, 1 visits today)
Please follow and like us:
error0

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.